Duality of mind

Sabtu, 28 Mei 2011

Vortex - the GazettE english translate and PV


[Kanji-Romaji]

二度と消せないくりに傷を深めていく
Nidoto kesenai kurai ni kizu wo fukamete iku Malice

イキ過ぎた頭を抉り飛び交う Bug に Noise を
Iki sugita atama wo eguri tobikau Bug ni Noise wo

使い捨ての愛と知って売られたカラクリ
Tsukaisute no ai to shitte urareta karakuri

「単純明快無様な明日だ」って
[Tanjun meikai buzamana ashita da] tte

理解してる時点で終わってる
Rikai shiteru jiten de owatteru

歪み回る Vortex of beats 吐き気の中で踊る
Yugami mawaru Vortex of beats Hakike no naka de odoru

Right before my eyes
The world that decayed
Right before my eyes
You murder somebody

Too tragic to stay with you

ぐるぐると回る Loop の中で
Guruguru to mawaru Loop no naka de

機械仕掛けの空に消えてゆく
Kikai shikake no sora ni kiete yuku

[Countless Bug]

ざらついた舌で欲をなぞって
Zaratsuita shita de yoku wo nazotte

Stolid な Dummy に夢を見せれば
Stolid na Dummy ni yume wo misereba

苦だろうが悦に変わるさ
Kudarouga etsu ni kawaru sa

I don't wanna become the fuckin' garbage like you

Vortex of industry

Shut up fuck up jack ass

The only thing you really know about me is...
You can't take my soul away from me
The only thing you really know about me is...
I can't answer your silly wish

歪み回る Vortex of beats 吐き気の中で踊る
Yugami mawaru Vortex of beats Hakike no naka de odoru

Right before my eyes
The world that decayed
Right before my eyes
You murder somebody

暗い暗い闇に落ちてゆく
Kurai kurai yami ni ochite yuku
[Countless Bug]

汚れ無き声も泥に塗れ
Yogore naki koe mo doro ni mamire

�今じゃその嘘に身を投げる
Ima ja sono uso ni mi wo nageru
[Countless Bug]

Scrap になれば価値は消える
Scrap ni nareba kachi wa kieru

�寸劇の涙はその胸に届かない
Sungeki no namida wa sono mune ni todokanai

I don't wanna become the fuckin' garbage like you


[Translation]

Malice deepening the wounds so it can't be erased for the second time
Hollow out the head with many tones to make the Bug flying past each other in Noise

Knowing the disposable love with sold mechanism
[To put it with simple and clear, it's a clumsy tomorrow]
Understanding at the end of occasion

Vortex of beast revolving in distortion, dancing in nausea

Right before my eyes
The world that decayed
Right before my eyes
You murder somebody

Too tragic to stay with you

Turning round and round inside a loop
And dissapearing in the mechanical of the sky
[Countless Bug]
Tracing greed with a rough tongue
If I show you a dream in a stolid dummy
It will change the pain into a self-satisfaction

I don't wanna become the fuckin' garbage like you

Vortex of industry

Shut up fuck up jack ass

The only thing you really know about me is...
You can't take my soul away from me
The only thing you really know about me is...
I can't answer your silly wish

Vortex of beast revolving in distortion, dancing in nausea

Right before my eyes
The world that decayed
Right before my eyes
You murder somebody

Falling into a gloomy, dark, darkness
Even your voice without impurity stained in mud
Now throw away your body into those lies
[Countless Bug]
Your value will lost if you turn into scrap
You won't reach that chest with those skit tears

I don't wanna become the fuckin' garbage like you

English translation by:
http://toshivk.blogspot.com/
~~~~~~



Kamis, 26 Mei 2011

BRING X JAPAN TO INDONESIA

haalloo... sodara-sodara sebangsa dan setanah air beta...

ada yang suka X JAPAN???? ada?? ada?? ada?? pasti banyak..!!! >__<d

ada berita bagus nih, X JAPAN merencanakan untuk melakukan South East Asia Tour. dan salah satu lokasi negara yang jadi pilihan untuk lokasinya adalah negara kita tercintah ini, yup.. Indonesia. ^^
bahkan info yang saya denger, Managemen World Tour X JAPAN sudah mengontak sejumlah promotor di Indonesia. berarti mereka udah berminat melakukan konser disini. yeeaay...

tapii... masalahnya para promotor masih ragu, ada yang minat ga sama konser X JAPAN di Indonesia.. T^T
yah, itulah masalah daridulu, promotor masih ragu klo mau ngadain konser band2 jepang disini. takut ga ada peminat padahal peminatnya bejibun.. DX

buat kalian yang suka atau kebetulan lewat terus baca tulisan saya ini, dimohon bantuannya buat isi angket survey di bawah ini. karena angket inilah yang jadi senjata ampuh untuk mendorong para promotor itu mendatangkan X JAPAN ke Indonesia. jadi bagi kalian yang benar-benar ingin X JAPAN COME TO INDONESIA harus, kudu, musti wajib, isi angket survey ini.. >__<
ini link surveynya, silahkan klik dan anda langsung sampe di TKP (?) dan jangan lupa di ISI. XD :

saya tidak menerima pertanyaan, serius ga?? kapan?? berapa harga tiketnya?? bla..bla..bla..
yang saya inginkan, hanya anda sekalian yang berminat dengan konser X JAPAN disini, isi angketnya. karena udah saya jelasin ya diatas tadi.. ^__^
dan kalau ada yang mau berbaik hati, silahkan di sebarin dan suruh sodara, ibu, bapak, kakek, nenek, ato tetangga, isi tuh angket.... XD *ditimpukin.

thx to
http://www.facebook.com/xjapanindonesia


Rabu, 18 Mei 2011

chizuru [the GazettE fanfic]


Title       : chizuru [seribu bangau kertas]
Author   : axel / ai
Fandom : the gazette, alice nine
Genre    : romance, 
Rating   : yg ini aman. jadi ratingnya apa? *plakk
Backsound :chizuru, hanakotoba [the gazette]. the farthest [deluhi], rain delay [OZ]
NB: eng...gaje..gaje..gaje... *plakkk

*********

sudah hampir 3 bulan sejak pengumuman hiatus oleh the GazettE. istirahat sejenak, hanya itu alasan yang diungkapkan mereka. Kai masih mengingat jelas saat ia bersama member yang lain bersama-sama mengumumkan hiatus'nya mereka untuk sementara. 
kai tampak mengedipkan matanya beberapa kali, setelah itu ia melingkari sebuah kalender di tangannya. kalender itu sudah penuh dengan coretan pada tanggalnya, dan coretan itu kini sudah sampai di bulan keempat. matanya kini tertuju pada sebuah kotak di sudut ruang kamarnya. kotak itu berisi origami bangau kertas. setiap hari, ada 10 bangau kertas yang dikirimkan padanya,namun tak ada nama pengirimnya sama sekali. di dalam bangau kertas itu, tertulis harapan serta doa-doa untuk dirinya. 
kai beranjak dari tempat tidurnya, dan menghampiri kotak yang hampir penuh dengan bangau kertas itu. kai sungguh penasaran dengan seseorang yang setiap hari mengirimkannya bangau kertas yang berisi doa dan harapan untuknya. 
sesaat kemudian pandangan kai tiba-tiba menjadi gelap, dan ia terjatuh pingsan di kamarnya.

******

"hei..sudah sadar kau?" 
samar-samar kai mendengar suara seseorang yang sangat dikenalnya. setelah menegaskan pandangannya, ia melihat reita di samping tempat tidurnya. mata kai menjelajah isi ruangan tempat ia berada sekarang. ruangan yang serba putih, dan selang infus yang terhubung dengan badannya saat ini. tak lama kemudian aoi, ruki, dan uruha datang. ruki tampak membawa sesuatu di tangannya, ia membawa sepuluh origami bangau kertas. kai tersenyum menyambut teman-temannya. 

"kai..ini, ada sepuluh bangau kertas lagi untukmu.." 
ruki meletakannya di meja, di samping tempat tidur kai. 

"sepertinya, hari ini genap 980 bangau kertas ya?" 
uruha membuka satu persatu origami itu, dan membaca doa serta harapan yang selalu ada di setiap bangau kertas itu dan melipatnya kembali.

"iya..sudah hampir seribu.." pikiran kai masih sibuk menerka seseorang yang mengiriminya bangau-bangau itu setiap hari. memang ada sebuah legenda yang mengatakan siapa yang membuat seribu bangau kertas keinginannya akan terkabul. namun melihat kenyataan, legenda memang hanyalah sebuah cerita. sebuah cerita yang belum tentu benar, atau mungkin hanya sebuah cerita untuk hiburan semata.

"jika sampai seribu, semua keinginan pengirimnya akan terkabul. iya kan?"
aoi menatap mata kai, mencoba mengajaknya bicara.

"jangan bercanda, aku tak percaya legenda itu. daripada membicarakan ini, lebih baik bicarakan hal lebih penting. jadi apa kalian sudah mendapatkan penggantiku?" 
kai berusaha tersenyum menutupi kesedihannya. 

"kau tau, aku tak suka kita membicarakan ini kai..!!"
reita tak bisa menahan nada bicaranya yang mulai meninggi.

"rei..aku pun begitu. aku tak ingin meninggalkan kalian. tapi apa yang bisa aku lakukan setelah ini? kalian tak mungkin mempertahankan aku. aku tak bisa bermain dengan baik, jika aku tak bisa melihat.."

sesaat keadaan di kamar itu menjadi hening. semua berusaha menahan gejolak perasaannya masing-masing. yang kai katakan memang benar, mereka tak mungkin mempertahankan kai. kanker mata perlahan-lahan mulai mengambil cahaya mata kai, bahkan cahaya dari wajah yang selalu ceria itu. senyum indahnya sudah lama tak berseri di wajah manisnya saat ia mengetahui, ia akan kehilangan pandangannya dalam waktu dekat. 

tanpa mereka tahu, seseorang di luar ruang  perawatan kai, memperhatikan keributan yang baru saja terjadi. dari kaca transparan kecil yang ada di pintu, ia melihat wajah pucat kai dari luar.  

******

hujan deras di luar sana memaksa kai bangun dari tidur nyenyaknya pagi ini. kai memperhatikan air hujan yang turun melimpah ruah pagi itu. menyaksikan indahnya hujan, sebelum cahaya hilang dari matanya. tak ada yang bisa ia lakukan selain menikmati masa-masa berharganya saat ini. ia merasa sudah tak punya harapan untuk apapun. bahkan untuk hidup. ia mengambil kalender di samping mejanya. sesaat kemudian, matanya tampak buram. ia tak bisa melihat dengan jelas. tak lama kemudian pandangannya kembali seperti semula. kai menunduk, meneteskan air matanya. 

"aku benar-benar tak berdaya.. aku sudah kehilangan segalanya.."
ia berbisik lirih, sambil melingkari tanggal di kalender miliknya. seperti menghitung mundur untuk semua harapannya yang akan lenyap sebentar lagi. 

"orang cacat sepertiku tak akan berguna..hanya menyusahkan.. terima kasih, untukmu yang selalu berdoa untukku, maaf, aku memang tak berguna. maaf jika aku membuatmu kecewa dengan ini.. maaf... "
kai melihat kotak yang berisi bangau kertas di atas mejanya. ia mulai memejamkan matanya, membayangkan saat-saat indah bersama teman-temannya. saat ia berteriak, dan disambut sorak sorai gemuruh penggemarnya. memutar kembali semua kenangan indah dalam kepalanya. hingga tanpa ia sadari, ia memunculkan seseorang, yang sangat ingin ditemuinya. cinta pertamanya. terlukis sebuah senyum indah di wajahnya, saat kai mulai membuka matanya. 
ia membulatkan tekadnya, seraya mengambil nafas dalam-dalam. dengan cepat ia menggoreskan pisau di tangan kirinya. ia goreskan sedalam mungkin, agar malaikat maut cepat mencabut nyawanya. ia berpikir lebih baik mati daripada hidup menyusahkan orang lain, hidup abadi dalam kegelapan. darah mulai menetes keluar dari urat nadinya yang terbuka. jalan kebebasan mulai terbuka untuknya.
seseorang terlihat menghampirinya saat ia di ambang batas kesadarannya. air mata memenuhi sudut-sudut mata seseorang yang ada di hadapannya sekarang. dan semakin deras saat kai menutup matanya.

*******

kai terbangun dari tidur panjangnya, saat wajah seseorang dari masa lalunya hadir dalam mimpinya. cinta pertamanya, yang sangat ingin ia temui. 

"aah..aarrgghh..." kai memegangi kedua matanya saat ia berusaha membukanya.
ia merasa sakit dan perih ketika cahaya masuk dalam matanya. 

"kai..kau harus membuka matamu perlahan-lahan..." tedengar suara ruki di samping kirinya. 
tak lama kemudian terdengar suara lain yang tak asing, ia mengenali suara tora, dokter pribadinya. sang dokter pun mulai menuntun kai membuka matanya. dengan perlahan kai mulai membuka matanya. masih terasa sakit, namun akhirnya lama-lama rasa sakitnya menghilang. 

"apa yang kau rasakan, kai?" tora memeriksa keadaan mata kai, menyinarinya dengan sebuah senter kecil.

"hm..sakit..perih.."

"oh, itu wajar. nanti akan hilang setelah kau minum obatnya." tora tampak tersenyum setelah memeriksa mata kai. kai sendiri, merasa ada maksud lain dari senyum tora padanya. tak lama kemudian seorang perawat masuk ke dalam kamar kai, dengan membawa sebuah rangkaian bangau kertas yang tersusun rapi. perawat itu menyerahkannya pada tora, dan kemudian tora menyerahkannya pada kai. 

"sekarang jumlah bangau kertasmu, genap seribu kan? dan semua keinginan pembuat bangau kertas ini sudah terkabul...".
tora mulai menjelaskan,namun kai masih tampak tak mengerti dengan semuanya. 

"jangan bercanda..aku akan buta..!!! kau sendiri yang mengatakannya padaku..!!"

"ya..memang. kau ingat orang terakhir yang kau lihat sebelum ini?? saat kau mencoba bunuh diri??"
kai mulai mengingat wajah seseorang yang terakhir dilihatnya. wajah orang yang sangat ingin ia temui. sang cinta pertamanya.

"akane..dia adikku. dia yang menyuruhku, untuk menjadi dokter pribadimu. itu mengapa aku sempat memaksa waktu itu. agar kau mau menjadi pasienku, kai.. ia juga yang membuat seribu bangau kertas ini untukmu. berdoa untukmu setiap hari, dan..." 

"di..dimana dia sekarang tora?? katakan padaku.. aku ingin melihatnya sebelum aku..."

"kau sudah melihatnya kai..untuk yang terakhir.."

"maksudmu??"
tora tak menjawab. ia hanya diam sembari menundukan kepalanya. uruha menepuk bahu kai dengan lembut, dan ganti menjelaskannya.

"ia sudah pergi kai,dan meninggalkan matanya untukmu.."

air mata meleleh dari sudut mata kai. mendengar penjelasan uruha. dulu ia memang meninggalkan akane, demi mengejar mimpinya. namun ia tak pernah melupakannya. saat ini, rasa sakit seperti berpindah ke hatinya,sakit dan terasa sangat menyesakkan. penyesalan menghantam perasaannya bertubi-tubi. 

"kenapa ia tak mencoba menghubungiku?" suara kai terdengar bergetar, menahan emosinya yang meluap.

"ia tau, kau tak mungkin bisa di temui dengan mudah sekarang. ia sudah cukup senang melihatmu dari jauh. aku sendiri tak pernah mengerti, tentang perasaannya padamu."
tora menyerahkan sebuah bangau kertas, yang keseribu pada kai. kai mulai membuka dan membacanya.

"permohonanku untukmu sudah terkabul. sekarang,tersenyumlah untukku.."  

*****

bacot sesion: yak..ini fic lama yg uda karatan gw simpen. abisnya perasaan, ni fic gaje banget.. =w=
akane bukan nama cinta pertama kai, cumin ngarang eto.. tp klo bagian kai pengen ketemu cinta pertamanya emang bener. TwT *mewek di dada bang juki
trus chizuru artinya seribu bangau kertas, kai pernah sakit waktu abis konser gede2an tahun 2005, dan ada org yg ngirim seribu bangau kertas ke dia. dan dia ga pernah tau siapa yang ngirim. 
nih fic terinspirasi *halah* darisitu..tapi jadinya malah garing..apalagi bag ending.. =___= 
oya..oya...akane artinya merah cemerlang, warna paporit author.. XD~ *gada yg nanya*
yoosh..koment dan kritik di tunggu,..

Senin, 09 Mei 2011

pendapat saya, tentang kualitas musik Indonesia, sekarang [no offense]

sory, klo tulisan gw yang sekarang ini ga berkaitan sama jejepangan. yah, sedikit2 nyerempet lah. [alah apa dah bahasannya XD] di sini gw cuma mau bahas masalah musik dari sudut pandang gw. dan tulisan ini khusus gw dedikasikan buat beberapa orang yang menganggap gw 'ndeso' karena ga updet musik2 Indonesia sekarang [ndasmu sing ndeso, cok..!!], buat mereka yang menganggap gw sok jepang, sombong, karena ga mau denger musik sendiri. 
sekarang, dengan bangga, gw balikin kata2 lu semua "musik itu soal selera bung.. :p"

jujur gw bukan orang yang tertarik dengan lagu pop-melayu yang lagi ngetren skrg, cengeng, menye-menye gimana gitu, dan semacamnya. tapi bukan berarti gw ga bisa menilai musik secara objektif dari sudut pandang gw.

gimana gw mau berminat sama musik negeri sendiri, klo musiknya aja ga ada yang bikin gw tertarik. ga usah bikin gw tertarik deh, klo soal tertarik sih itu  balik lagi ke soal selera ya. menurut gw, musik Indonesia sekarang dari segi kualitas bener2 parah. cacadlatos bahasa kerennya XD.  ini murni menurut, pendengaran, penilaian, dan pengamatan gw, musik Indonesia sekarang emang bener2 ancur.

kenapa gw bilang ancur?? 
pertama, isu plagiat yang beredar di mana2 macam laler di TPA. mulai dari plagiat musisi luar, sampe musisi dalam negeri, plagiat musisi dalam negeri juga. itu tuh, kasusnya peterpan vs peterband. aseli ngakak jungkir balik gw ngeliat beritanya di tipi. XDDD segitu miskinnya kah kreativitas mereka?? dan senjata ampuh mereka adalah kata2 'terinspirasi' atau 'trinfluence'. bassii cuuy... xd

kedua, tema lagu biasanya seragam, kek baju anak sekolah. apalagi tema yang di angkat klo bukan cinta??!! yaah, bukan berarti ga boleh bikin lagu tema cinta, tapi klo semua bikin lagu cinta, yang ada malah pada gumoh kebanyakan di cekokin cinta. hidup ini kan ga melulu soal cinta,masih banyak tema yang bisa di ambil. tema protes terhadap pemerintahan misalnya, kek lagu2nya bang Iwan fals. atau lagu2 yang menyemangati diri sendiri. lagu tentang alam kek punya michael jakcson. lagu2 kritik social. yah yang kek gitu2lah.. banyak kan tema yang bisa di ambil??

ketiga, dari segi lirik. bener2 paarraah... nilai bahasa Indonesianya tuh berapa sih?? segala cenat cenutlah jadi lagu. apa pula tuh? jujur, dari sebuah lagu yang bener2 jadi perhatian gw adalah liriknya, baru musiknya. bukannya terdengar indah ya, klo sebuah lagu itu punya bahasa yang bagus? minimal bahasa puisi gitu. dan lagu2 Indonesia sekarang bener2 jelek ga bagus dari segi lirik. lagu kok liriknya kek curhatan abg. pantes aja banyak ababil.[ =___=] bahkan yang lebih parah, ada lagu yang dari awal sampe akhir liriknya itu2 aja. gilaa ga siihh??? 
dan salah satu alasan gw suka lagu jepang, karena lagu mereka rata2 punya bahasa yang indah. walaupun lagunya kelam. untuk bagian ini, jangan bilang gw "sok tau" karena gw ga mungkin ngomong klo gw GA TAU. beberapa contoh lagu jepang berbahasa indah paporit saya, shiroki yuutsu, kare uta [the GazettE], Gemini, mugen ~electric eden~[alice nine]  rosary, genei no kusari [screw], dan masi banyak lagi.

keempat, dari segi musiknya. wkwkwk...gaya banget dah gw ngomong musik. tapi emang menurut pendengaran gw ya begitu. kliatan aja gitu klo skill'nya maen musik minim. terbukti dari musik yang di hasilkan gitu2 aja. misalnya, gw pernah denger lagu apa itu, ketukan drum yang itu2 aja dari awal sampe akhir dan cuma di bedain dikit pas intro sama mau masuk reff. gw juga ga pernah nemu fungsinya bassist di band2 Indonesia XD. abisan suara bassnya kaga pernah kedengeran. beda sama lagu jepang yang rata2 bassnya jalan. [ada bunyinya maksudnya] 
dan ngomong2 soal drum, band2 Indonesia sekarang ga pernah ada yang gw liat pake dobel pedal.. XDD

kelima, lip sync. naah..buat yang ini pasti semua tau. kebanyakan,[atau bahkan hampir semua] acara musik2 di tipi itu lip sync. so..makin keliatan miskinnya skill mereka main musik. :p yang gw heran , banyak yang asik2 aja sama yang kek gitu. gw malah mikir klo itu kebohongan publik. ekstrem ya? ya memang itulah isi pikiran gw. XD apa para musisi itu ga pengen nunjukin kualitas mereka yang sebenarnya? 
yah, mungkin kebanyakan berpikir "yang penting dibayar" wkkwkwkwk...

keenam, gile udah enam aja menurut gw, band baru sekarang [mungkin] rata2 cuma ngejar materi, terus ngetop. abis itu??? musik yang di mainkan dari hati bakal keliatan lebih bagus, ketimbang musik yang dimainkan buat ngejar setoran materi. buktinya banyak, pemain sinet, presenter, dll yang banting setir, jadi penyanyi dadakan padahal suaranya jelek ga bagus2 amat. 

itulah, alasan2 gw kenapa males ngelirik lagu negeri sendiri. walau jujur yang utama adalah, karena ga ada band2 Indonesia [sekarang] yang punya lagu2 agak keras. rata2 band2 baru sejenis semua, gw juga heran kenapa? padahal di jepang sana, band yang berlabel visual kei / j-rock itu banyak, tapi tiap band punya ciri khas masing2 di musik mereka. klo disini??? copy-paste semua..lagu menye2, tampang katro[tau sendiri, klo gw cuma berselera sama cowo cantik XD], lirik di bawah standar gw. XD ah, males banget deh pokoknya. no offense ya, itu cuma pendapat gw.

klo ada yang coment "daripada elu yang cuma bisa kritik, mank lu bisa bikin musik berkualitas??" 
dengan senyum ala kai gw jawab, "apa perlu jadi presiden untuk mengkritik seorang presiden?" yang penting gw tau apa yang gw omongin dan ga OOT.

come on..bangkit donk musik Indonesia. jangan terpaku sama pasar, cobalah hal2 baru. ga menutup kemungkinan kan klo sesuatu yang baru juga bakal laku di pasaran? visual kei misalnya, lumayan banyak kok yang berminat sama vis-kei di Indonesia, XD
dan gw harap label2 musik juga seharusnya bisa seleksi, band2 mana yang siap buat di orbitin. yang punya skill baik di musik maupun lirik lagu. lagu menye2 ga mungkin nembus pasar dunia.. LOL
kita juga yang bangga, klo ada lagu Indonesia yang berkualitas yang bisa nembus pasar dunia. ^^d

Kamis, 05 Mei 2011

Bahasa gaul Jepang

setelah jalan-jalan dari satu blog ke blog lain, akhirnya gw menemukan sesuatu yang bisa di repost XD *plakkk*
yaitu adalah bahasa gaul orang jepang XDd. namanya juga bahasa gaul,jadi biasanya cuma di pake buat omong sama orang yang sebaya. tapiii...klo ga ngerti2 amat bahasa jepang jangan pake kata2 di bawah ini buat ngomong sama orang jepang beneran yang baru di kenal ya~ mending pake bahasa resmi aja.

katanya sih, orang sana agak risih juga sama orang yang pake bahasa kek di bawah ini, klo baru kenal. mungkin istilah kerennya disini SKSD gitu kali ya. ^^a 
let's cekidot..

1.  uwaki otoko : cowok yang suka selingkuh
2.  uwaki onna : cewek yang suka selingkuh 
3.  choukawaii : manis banget
4.  ikemen : cowok cakep
5.  otokotarashi : Play Girl
6.  onnatarashi : Play Boy
7.  hitomebore : cinta pandangan pertama
8.  ai shitemo ii? : bolehkah aku mencintaimu?
9.  boku no soba ni ite kurenai? : maukah kau berada di sisiku?
10.puropoozu shitemo ii? : bolehkah aku melamarmu?
11.tada anata o aishiteru : aku cuma cinta sama kamu ( per )
    tada kimi o aishiteru : aku cuma cinta sama kamu ( laki2 )
12.anata ni aete, yokatta : aku beruntung bisa bertemu denganmu
13.hanaretakunai : aku gak mau putus denganmu
14.anata ni deatte, yokatta : aku senang bisa mengenalmu (dikatakan saat putus dengan pacar)
15.mou wakareta : udah putus
16.ganbatte ne! : semangat!
17.tsumanne : membosankan ( per )
    tsumanna : membosankan ( laki2 )
18.mendoukusaina… : malasnya….
19.yatta!! : asyik!!! / berhasil!!
20.sugee : hebat
21.akiramenna!! : jangan putus asa!!
22.namaiki iun ja nee yo : jangan sombong-sombong
23.arienai : gak mungkin
24.nani atta no? : ada apa sih…?
25.oshiete kure! : kasih tau dong!
26.betsu ni : gak ada apa-apa
27.majide? : sumpah lo?
28.sokka : gitu ya… / oya…
29.maa ne : ya gitu deh
30.atarimaeda! : ya iyalah! (ya iya lah, masa ya iya dong)
31.yappa : sudah kuduga
32.shikata nai : apa boleh buat
33.kawaisou : kasian deh lo
34.iya / yada : gak mau
35.usotsuki : pembohong
36.urusai yo! : berisik tau! ( per )
    urusee yo! :berisik tau! ( laki2 )
37.jiro-jiro mite nanda yo! apa lo liat-liat!
38.baka mitai : seperti orang bodoh / dasar oon
39.baka yaro : dasar goblok
40.kusso : brengsek / sialan
41.saiteidayo : kamu gak ada apa-apanya
42.sukebe : dasar omes (otak mesum)
43.yabai! : gawat!
44.kimochi warui : sebel
45.suman : sorry

berhubung banyak blog yang udah posting artikel ini, gw jadi bingung mau kasih credti ke siapa. ^^a 


Sejarah Musik Jepang ke Indonesia I

DI INDUSTRI MUSIK, invasi aliran musik dari Jepang bisa dibilang cukup kuat di Asia. Padahal kalau dirunut dari sejarah musikalnya, industri musik modern di Jepang terhitung baru eksis dan berkembang di era 80-an. Tapi pengaruhnya cepat menyebar. Nggak heran kalau sekarang kita bisa mendengar aliran musik yang diembel-embeli Jepang di depannya, seperti J [Japan] – Rock atau J [Japan]- Pop.

Memang, kalau menyimak fakta sejarah dan data-data yang tercecer di beberapa literature, musik modern yang masuk ke Jepang dibawa oleh orang-orang Amerika. Mereka –orang Amerika itu—awalnya memperkenalkan musik jazz. Kabarnya, jazzlah akar dari J-Pop yang kita kenal sekarang.

Akar dari J-Pop berawal dari musik Jazz yang populer pada awal era Showa. Awal Era Showa dimulai pada tahun 1926 oleh Kaisar Hirohito sampai dengan masa Perang Dunia II 1945. Musik Jazz memperkenalkan berbagai jenis alat musik yang sebelumnya hanya dipergunakan untuk musik klasik dan dalam militer, dalam berbagai bar dan klub seperti “Ongaku Kissa” yang merupakan salah satu tempat pertunjukkan Jazz yang terkenal.
Namun dalam masa Perang Dunia II, musik jazz sempat terhenti akibat tekanan dari tentara kerajaan Jepang. Setelah masa perang berakhir, Tentara Amerika Serikat memperkenalkan kepada Jepang jenis musik khas Amerika seperti boogie-woogie, mambo, blues dan country. Jenis-jenis musik tersebut dipertunjukkan oleh para musisi Jepang kepada pasukan tentara Amerika yang menempati markas AS di Jepang. Lagu seperti “Tokyo Boogie-Woogie” yang dinyanyikan oleh Sizuko Kasaoki (1948), “Tennesse Waltz” oleh Eri Chiemi (1951), “Omatsuri Mambo” oleh Misora Hibari dan “Omoide no Waltz” oleh Izumi Yukimura menjadi populer di Jepang.
Bahkan musisi luar seperti Jazz At The Philharmonic dan Louis Armstrong pernah mengunjungi Jepang untuk melakukan pertunjukkan. Tahun 1952 merupakan tahun dimana musik Jazz membooming. Namun, Jazz bukanlah jenis musik yang mudah dipelajari sehingga sebagian besar musisi amatir Jepang mempelajari musik country yang dianggap paling mudah dipelajari.

Demam Rock and Roll mulai melanda Jepang pada tahun 1956 oleh sebuah grup musik country, Kosaka Kazuya and Wagon Masters yang merilis album “Heartbreak Hotel”, yang aslinya dibawakan oleh sang raja Elvis Presley. Wabah rock and roll ini mencapai titik puncaknya pada tahun 1959 dengan munculnya sebuah film yang memfokuskan ada pertunjukan grup rock and roll Jepang. Turunnya pamor rock and roll di Amerika Serikat diikuti oleh Jepang seiring dengan banyaknya grup di Jepang yang tak lain hanya meniru Rock and Roll Amerika.
Oh ya, J-Pop yang kita kenal sekarang sebenarnya merupakan istilah umum yang mengandung banyak jenis (genre) musik Jepang seperti pop, rock, dance, rap dan soul. Di Jepang, istilah J-Pop digunakan untuk membedakan gaya musik modern dengan musik klasik Jepang yang disebut dengan Enka atau bentuk ballad dari Jepang tradisional. Sering juga kita mendengar istilah seperti J-Rock, Visual Kei dan J-Rap, namun semua istilah tersebut berada di dalam naungan J-Pop.

Istilah J-Pop sendiri sebenarnya tidak terlalu dikenal di khazanah musik di Jepang, sampai akhirnya istilah J-pop digaungkan oleh satu stasiun radio bernama “J-WAVE” untuk menunjukkan jenis musik yang berbeda dari musik rakyat. Disadari atau tidak, J-Pop sedikit banyak memang dipengaruhi oleh American-style yang menjadi pengaruh terkuat perkembangan musik di Jepang. Contoh paling popular adalah penyanyi Jepang terkenal Utara Hikaru. Penyanyi cewek ini menjadi populer dengan gaya urban hip-hop dengan pengaruh Amerika yang kental. Gayanya berbeda di Jepang karena lebih mirip atau hampir sama dengan hip-hop Amerika. Itu pun disebabkan karena Utada Hikaru lahir dan besar di New York. Meski warna Jepang yang ditonjolkannya pun masih terasa kental.

Musik J-Pop merupakan bagian dari kebudayaan populer Jepang. Dan telah digunakan dimana-mana seperti anime, iklan, film, acara radio dan televisi, dan video game. Bahkan beberapa acara berita di televisi menggunakan lagu J-pop sebagai penutup acara.
Laju pertumbuhan J-Pop luar biasa tingginya. Dalam anime dan acara televisi lainnya, terutama drama, lagu J-pop yang digunakan sebagai soundtrack cenderung berubah setiap musim (season) sampai empat kali dalam setahun. Bila dihitung lagu pembuka (OP) dan penutup (ED) dan acara berlangsung selama satu tahun, maka paling tidak memiliki delapan lagu sebagai bagian dari acara tersebut.

Di Indonesia, demam J-Pop dimulai saat lagu Ko Ko Ro No Tomo meledak di tahun 80-an. Agak unik sebenarnya, ketika lagu-lagu pop cengeng begitu merajalela, Mayumi Itsuwa, tiba-tiba masuk dan memberikan sebuah perbedaan. Ketika itu, semua penggemar musik pop tiba-tiba bisa berbahasa Jepang.



Lantaran gandrung dengan lagu soundtrack, banyak yang tertarik mendirikan band khusus memainkan musik ini. Lagu-lagu yang dimainkan tak jauh-jauh dari lagu tema anime. Wasabi dan Japanese Heroes adalah pelopor band J-Rock di sini. Kehadiran Wasabi dan Japanese Heroes memicu munculnya band-band pengusung J-Rock baru seperti J-Rocks, Jetto, dan Leto di Jakarta atau Sound Wave dan Lucifer di Bandung. Serunya, band J-Rock generasi baru ini memainkan tak hanya soundtrack saja. Tapi juga singel-singel band J-Rock lain seperti X-Japan, Luna Sea, Dir and Grey serta Asian Kung Fu Generation.

Kemudian ada nama Amakuza, band heavy-metal dari Jakarta yang lahir karena sebagian besar personilnya sempat kuliah di Sastra Jepang. Mereka memilih bermain metal asli Jepang, dengan ornament musik klask Jepang. Malah Amakuza dan beberapa band metal pengusung Japannesse Metal, sempat merilis kompilasi indie, beberapa tahun silam di Jakarta.

Musik Indonesia di Jepang

Di Jepang, musik dari Indonesia memang belum menjad trend yang mewabah. Tapi bukan berarti tidak ada musisi Indonesia yang dikenal di Jepang. Harus dibedakan antara dikenal oleh masyarakat Jepang, disukai dan kemudian jadi trend, dengan dikenal di Jepang, tapi tidak terlalu popular di masyarakat Jepang itu sendiri.

Untuk yang pertama, kita harus menyebut nama maestro keroncong Gesang. Meski usianya sudah menembus 90-an, tapi Gesang adalah ‘keroncong-star’ di Jepang. Pencipta lagu ‘Bengawan Solo’ ini lebih dikenal dibanding Samsons, Peterpan atau Kangen Band misalnya.
Dalam IndonesianJapan Expo [IJE] 2008, Komponis Gesang Martohartono (91) dianggap sebagai simbol budaya dan benang merah yang mewakili hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang. Hubungan itu digambarkan hangat dan erat seperti hubungan persaudaraan. Nama Gesang adalah password untuk menyebut Indonesia dimata orang Jepang.

Percaya atau tidak, di Jepang sampa dibentuk Yayasan Peduli Gesang [YGP] yang selalu merayakan ulangtahun sang maestro dengan banya kegiatan. Sebagian dari mereka adalah orang Jepang yang berusia di atas 80 tahun, karena pada masa perang dahulu sudah mengagumi lagu Bengawan Solo. Mereka datang berombongan dari Jepang-asal Tokyo, Pulau Shikoku, Yokohama-dan tiba sehari sebelumnya. Setiap tahun anggota rombongan berganti-ganti, dan sebagian anggota tetap.
Beberapa nama lain juga sempat berkolaborasi dengan musisi Jepang, seperti misalnya Angklung dari Jawa Barat. Nama alat musik asli Indonesia ini cukup terkenal di Jepang ketika sempat berkongsi dengan alat musik bamboo Jepang.

Cuma itu? Tentu saja tidak. Jangan kaget kalau saat in isudah mulai muncul apa yang disebut J-dangdut [Japannesse Dangdut]. Benarkah? Agak mengejutkan memang, karena musik dangdut ternyata mulai dikembangkan di Jepang. Ada satu nama ngetop bernama Orkes Melayu [OM] Ranema, singkatan dari Rakyat Negeri Matahari. Mereka awalnya bernama Om Eksis dan memang memainkan dangdut dalam arti sebenarnya. Percaya atau tidak, lagu SMS yang ngetop lewat Trio Macan, di Jepang juga cukup popular, tentunya dengan bahasa Jepang.

Kemudian ada nama grup dangdut lain yang cukup beken bernama Om Hati93 Dangduters. Band ini pernah menjadi pembuka dari pertunjukkan OM Ranema. Oh ya, OM Ranema itu personilnya semua adalah musisi dari Jepang, tanpa orang Indonesia sama sekali. Kabarnya juga, nama Rhoma Irama juga menjadi kiblat dari dangdut yang dimainkan orang Jepang, selain nama-nama Elvi Sukaesih, Endang Wijayanti, Rita Sugiarto, Herlina Effendy, dan Ken Dedes Group. Kedekatan dangdut Indonesia di Jepang kabarnya karena ada salah satu musik asli bernama enka yang secara musical, penuh tetabuhan seperti dangdut.

Kemudian ada nama grup dangdut lain yang cukup beken bernama Om Hati93 Dangduters. Band ini pernah menjadi pembuka dari pertunjukkan OM Ranema. Oh ya, OM Ranema itu personilnya semua adalah musisi dari Jepang, tanpa orang Indonesia sama sekali. Kabarnya juga, nama Rhoma Irama juga menjadi kiblat dari dangdut yang dimainkan orang Jepang, selain nama-nama Elvi Sukaesih, Endang Wijayanti, Rita Sugiarto, Herlina Effendy, dan Ken Dedes Group. Kedekatan dangdut Indonesia di Jepang kabarnya karena ada salah satu musik asli bernama enka yang secara musical, penuh tetabuhan seperti dangdut.Kemudian nama Slank juga berkibar. Apalagi seetelah album terakhirnya berkolaborasi dengan band rock n’ roll Jepang, The Big Hip. Malah band asal Gang Potlot Jakarta ini sempat membuat lagu berbahasa Jepang. Nama-nama band Indonesia yang sempat terdengar dan mengadakan konser atau show di Jepang juga cukup banyak seperti Samsons, Sheila On 7 atau Cokelat.



Repost from my grup.
thx to : AKB grup facebook [nei]