Duality of mind

Senin, 09 Mei 2011

pendapat saya, tentang kualitas musik Indonesia, sekarang [no offense]

sory, klo tulisan gw yang sekarang ini ga berkaitan sama jejepangan. yah, sedikit2 nyerempet lah. [alah apa dah bahasannya XD] di sini gw cuma mau bahas masalah musik dari sudut pandang gw. dan tulisan ini khusus gw dedikasikan buat beberapa orang yang menganggap gw 'ndeso' karena ga updet musik2 Indonesia sekarang [ndasmu sing ndeso, cok..!!], buat mereka yang menganggap gw sok jepang, sombong, karena ga mau denger musik sendiri. 
sekarang, dengan bangga, gw balikin kata2 lu semua "musik itu soal selera bung.. :p"

jujur gw bukan orang yang tertarik dengan lagu pop-melayu yang lagi ngetren skrg, cengeng, menye-menye gimana gitu, dan semacamnya. tapi bukan berarti gw ga bisa menilai musik secara objektif dari sudut pandang gw.

gimana gw mau berminat sama musik negeri sendiri, klo musiknya aja ga ada yang bikin gw tertarik. ga usah bikin gw tertarik deh, klo soal tertarik sih itu  balik lagi ke soal selera ya. menurut gw, musik Indonesia sekarang dari segi kualitas bener2 parah. cacadlatos bahasa kerennya XD.  ini murni menurut, pendengaran, penilaian, dan pengamatan gw, musik Indonesia sekarang emang bener2 ancur.

kenapa gw bilang ancur?? 
pertama, isu plagiat yang beredar di mana2 macam laler di TPA. mulai dari plagiat musisi luar, sampe musisi dalam negeri, plagiat musisi dalam negeri juga. itu tuh, kasusnya peterpan vs peterband. aseli ngakak jungkir balik gw ngeliat beritanya di tipi. XDDD segitu miskinnya kah kreativitas mereka?? dan senjata ampuh mereka adalah kata2 'terinspirasi' atau 'trinfluence'. bassii cuuy... xd

kedua, tema lagu biasanya seragam, kek baju anak sekolah. apalagi tema yang di angkat klo bukan cinta??!! yaah, bukan berarti ga boleh bikin lagu tema cinta, tapi klo semua bikin lagu cinta, yang ada malah pada gumoh kebanyakan di cekokin cinta. hidup ini kan ga melulu soal cinta,masih banyak tema yang bisa di ambil. tema protes terhadap pemerintahan misalnya, kek lagu2nya bang Iwan fals. atau lagu2 yang menyemangati diri sendiri. lagu tentang alam kek punya michael jakcson. lagu2 kritik social. yah yang kek gitu2lah.. banyak kan tema yang bisa di ambil??

ketiga, dari segi lirik. bener2 paarraah... nilai bahasa Indonesianya tuh berapa sih?? segala cenat cenutlah jadi lagu. apa pula tuh? jujur, dari sebuah lagu yang bener2 jadi perhatian gw adalah liriknya, baru musiknya. bukannya terdengar indah ya, klo sebuah lagu itu punya bahasa yang bagus? minimal bahasa puisi gitu. dan lagu2 Indonesia sekarang bener2 jelek ga bagus dari segi lirik. lagu kok liriknya kek curhatan abg. pantes aja banyak ababil.[ =___=] bahkan yang lebih parah, ada lagu yang dari awal sampe akhir liriknya itu2 aja. gilaa ga siihh??? 
dan salah satu alasan gw suka lagu jepang, karena lagu mereka rata2 punya bahasa yang indah. walaupun lagunya kelam. untuk bagian ini, jangan bilang gw "sok tau" karena gw ga mungkin ngomong klo gw GA TAU. beberapa contoh lagu jepang berbahasa indah paporit saya, shiroki yuutsu, kare uta [the GazettE], Gemini, mugen ~electric eden~[alice nine]  rosary, genei no kusari [screw], dan masi banyak lagi.

keempat, dari segi musiknya. wkwkwk...gaya banget dah gw ngomong musik. tapi emang menurut pendengaran gw ya begitu. kliatan aja gitu klo skill'nya maen musik minim. terbukti dari musik yang di hasilkan gitu2 aja. misalnya, gw pernah denger lagu apa itu, ketukan drum yang itu2 aja dari awal sampe akhir dan cuma di bedain dikit pas intro sama mau masuk reff. gw juga ga pernah nemu fungsinya bassist di band2 Indonesia XD. abisan suara bassnya kaga pernah kedengeran. beda sama lagu jepang yang rata2 bassnya jalan. [ada bunyinya maksudnya] 
dan ngomong2 soal drum, band2 Indonesia sekarang ga pernah ada yang gw liat pake dobel pedal.. XDD

kelima, lip sync. naah..buat yang ini pasti semua tau. kebanyakan,[atau bahkan hampir semua] acara musik2 di tipi itu lip sync. so..makin keliatan miskinnya skill mereka main musik. :p yang gw heran , banyak yang asik2 aja sama yang kek gitu. gw malah mikir klo itu kebohongan publik. ekstrem ya? ya memang itulah isi pikiran gw. XD apa para musisi itu ga pengen nunjukin kualitas mereka yang sebenarnya? 
yah, mungkin kebanyakan berpikir "yang penting dibayar" wkkwkwkwk...

keenam, gile udah enam aja menurut gw, band baru sekarang [mungkin] rata2 cuma ngejar materi, terus ngetop. abis itu??? musik yang di mainkan dari hati bakal keliatan lebih bagus, ketimbang musik yang dimainkan buat ngejar setoran materi. buktinya banyak, pemain sinet, presenter, dll yang banting setir, jadi penyanyi dadakan padahal suaranya jelek ga bagus2 amat. 

itulah, alasan2 gw kenapa males ngelirik lagu negeri sendiri. walau jujur yang utama adalah, karena ga ada band2 Indonesia [sekarang] yang punya lagu2 agak keras. rata2 band2 baru sejenis semua, gw juga heran kenapa? padahal di jepang sana, band yang berlabel visual kei / j-rock itu banyak, tapi tiap band punya ciri khas masing2 di musik mereka. klo disini??? copy-paste semua..lagu menye2, tampang katro[tau sendiri, klo gw cuma berselera sama cowo cantik XD], lirik di bawah standar gw. XD ah, males banget deh pokoknya. no offense ya, itu cuma pendapat gw.

klo ada yang coment "daripada elu yang cuma bisa kritik, mank lu bisa bikin musik berkualitas??" 
dengan senyum ala kai gw jawab, "apa perlu jadi presiden untuk mengkritik seorang presiden?" yang penting gw tau apa yang gw omongin dan ga OOT.

come on..bangkit donk musik Indonesia. jangan terpaku sama pasar, cobalah hal2 baru. ga menutup kemungkinan kan klo sesuatu yang baru juga bakal laku di pasaran? visual kei misalnya, lumayan banyak kok yang berminat sama vis-kei di Indonesia, XD
dan gw harap label2 musik juga seharusnya bisa seleksi, band2 mana yang siap buat di orbitin. yang punya skill baik di musik maupun lirik lagu. lagu menye2 ga mungkin nembus pasar dunia.. LOL
kita juga yang bangga, klo ada lagu Indonesia yang berkualitas yang bisa nembus pasar dunia. ^^d

8 komentar:

  1. =w=

    itu foto di bawah nya akang LEDA bukan sih ?? #gak yakin

    hahahahaha ... hampir sama lah alesan lu ma gue kenapa gue gak pernah ngelirik ben2 indo jaman sekarang .. Zzzz .. PLAGIAT .. and gak ngaku / gak terima di bilang PLAGIAT ... hahahaha

    musik indo tuh gimana ya ? Zzz ...
    giliran yg punya ciri khas malah gak terlalu terkenal .. malah yg melayu menye2 gtu terkenal nya naujubilehhh

    BalasHapus
  2. iya..itu leda chuw~ lihat donk mukanya yang cantik jelita itu,, XD

    iyaa..begitulah...
    bener2 ga menjual banget deh.. lagu menye2, tampang di bawah standar, apalagi klo pas live, cumin pake kaos oblong sama celana lepis...
    jiahahaha... katro banget.. LOL

    gw juga ga ngerti, kok yang jelek2 malah terkenal.. =_=

    BalasHapus
  3. bebeb: ho oh..itu akang leda chuw.. XD
    ya gitu dah... gw juga bingung yang jelek2 malah terkenal... zz.. =___=

    nacchi : haha..iya makasih... ^^a
    ayo racuni masyarakat indo dengan visual kei..XDD *plakkkk

    BalasHapus
  4. numpang curcol ya
    tmen2 q malah bilang aku aneh dan hampir mungsuhin gt gara-gara gue suka sama V-kei.
    HUH duasar elu yang diliat cuma campursari ama ST12 aja

    BalasHapus
  5. hahah..udah biasa itu.. saya juga sering dibilang aneh.. ^^a

    BalasHapus